Hai sobat danifin, pada kesempatan kali ini saya akan memberi informasi cara mengirim paket dan cek pengiriman di JNE. Pernah mengirim barang lewat jne? Sebelum kalian mengirim paket ke cabang JNE anda harus memperhatikan langkah-langkah nya agar barang sampai tujuan dengan baik dan aman:
1. Bungkus paket dengan rapi
2. Bungkus dengan plastik
3. Untuk barang, Lebih baik dilapisi menggunakan plastik gelembung/bubble wrap di dalam paket untuk menghindari barang rusak
4. Tambahkan packing kayu, jika barang mahal atau jarak jauh
Nah, selanjutnya anda pergi ke cabang JNE terdekat :
1. Pergi ke counter/kantor JNE terdekat
2. Jangan lupa bawa barang yg akan dikirim lewat JNE
3. Jangan lupa pada barang tsb sudah diberi alamat yg kita tuju bila perlu tulis Nomer handphone yang dapat dihubungi (yang dikirim)
4. Serahkan barang ke kasirnya
5. Kasir akan mendata barang yg akan dikirim, ditimbang, dicek kelengkapan alamatnya. biasanya suka nanya isi -nya apa, barang pecah-belah atau yg lain-lain (jangan kirim senjata ilegal, hewan apalagi obat²an terlarang )
6. anda milih mau paket yg biasa, atau anda pilih paket yang lebih cepat:
-PAKET REGULER
-PAKET YES
-PAKET OKE
7. Petugas akan memberikan harga pengiriman, selanjutnya anda bayar biaya yg dibutuhkan.
8. Setelah bayar, Anda terima struk bukti pengiriman dari jne
Catatan: jangan di buang dulu struknya selama barang belum sampai tujuan, nanti akan diperlukan apabila ada keluhan sebagai tanda bukti sudah dikirim. Dan JNE juga tidak bertanggung jawab atas kehilangan barang, tapi JNE akan mengganti ongkir 5x lipat-10x lipat (maka terterakan alamat yang jelas dan identitas penerima yang jelas, jangan sampai salah)
Bila anda yang sedang menunggu kiriman, anda tidak perlu khawatir lagi barang tidak terkirim atau terkena kendala, Caranya :
Siapkan nomor resinya. Resi JNE terdiri atas tiga belas digit. Untuk agen JNE yang sudah online, resi diawali dg huruf (contoh Jakarta CGKAB02035493913) dan diketik dg komputer. Namun untuk agen yang belum online, resi hanya berupa angka dan ditulis tangan secara manual.
Untuk cek resinya sebagai berikut:
1. Buka situs www.jne.co.id
2. Ketik nomor resi di kotak trace n tracking
3. Klik link search
4. Masukkan kode captcha
5. Klik lagi link search
6. Akan muncul status pengiriman
7. Klik pada bagian nomor resi, maka akan muncul detail pengiriman
Berikut ini status-status barang JNE
Manifest : Barang baru didaftarkan di kantor JNE asal pengiriman
On-Process : Barang sedang dalam proses pengiriman/perjalanan
On-Transit : Barang sedang transit di kota tertentu.
Received On Destination : Barang telah sampai di kota tujuan dan akan dikirim ke alamat tujuan penerima
Delivered : Barang telah diterima di alamat yang dituju dan biasanya tertera nama penerima barang tersebut
Criss Cross : Barang tertukar dengan barang lain
Cnee Unknown : Nama penerima tidak dikenal saat dilakukan pengiriman ke alamat tujuan
AU to OPS : Antar ulang/serah terima dari bagian undelivery (bagian yang menangani kiriman yang bermasalah) ke bagian operasional untuk dilakukan pengantaran ulang ke alamat tujuan yang lebih lengkap dan jelas
AU (Antar Ulang) : Barang diantar ulang, karena tidak sempat terantar pada hari sebelumnya
Redelivery : Antar ulang barang
BA (Bad Address) : Alamat tidak lengkap/jelas, kurang RT/RW, kelurahan, nomor rumah, gang, dsb.
MR (misroute) : Salah antar, salah kirim, salah jalur
Closed Once Delivery Attempt : Kurir telah datang tetapi rumah alamat penerima tutup/kosong atau tidak ada penerima barang
NTH (Not At Home?) : Penerima tidak ada di rumah(sedang keluar)
Resi yang dikirim lewat agen offline biasanya bisa dicek setelah pukul 11 malam. Untuk lebih amannya silakan cek resi keesokan harinya.Jika pada hari itu belum terlihat juga. Anda bisa menanyakan kembali pada pengirim barang.
Nah, selain ngecek pakai website JNE, kita juga bisa mengecek menggunakan SMS. Silakan SMS ke nomor telepon 0812-1181732 (tidak bisa untuk telepon) dengan mencantumkan informasi sebagai berikut :
1. No Connote
2. Tanggal Kirim
3. Nama Pengirim beserta nomor telepon
4. Nama Penerima, Alamat dan nomor telepn
5. Isi Kiriman
Nanti akan ada balasannya.
Kalau lewat web dan SMS tidak puas, kita juga bisa menghubungi:
Pusat Layanan Informasi - 24 Jam
Telepon 021-2927 8888
Email: customercare@jne.co.id