Rabu, 24 Januari 2018

author photo
Hai sobat Danifin, Semua pengguna komputer baik itu Laptop atau desktop PC pastinya tau apa itu VGA dong. VGA atau singkatan dari Video Graphics Array (VGA) ini adalah salah satu hardware penunjang pada komputer yang berguna untuk dapat menghasilkan tampilan grafik yang lebih sempurna daripada default. VGA ini seringnya sangat laris manis diburu oleh orang-orang yang merupakan gaming addict (penggila game) maupun orang-orang yang biasanya bekerja sebagai arsitek maupun engineer (desain grafis) dimana pekerjaanya menuntut menggunakan VGA sebagai penunjang software yang digunakan dan bahkan malah sekarang digunakan untuk keperluan mining BTC.

Sekarang pun sudah banyak beredar mermacam-macam VGA dari berbagai merek yang dapat Sobat jumpai, dari mulai merek Nvidia, Zotac, Gigabyte, Digital Alliance, Asus, HIS, EVGA Point of View, Inno3D, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun bermacam-macam, dari mulai yang ekonomis/murah sampai yang membuat dompet jebol alias harga sultan, tergantung dari seberapa tinggi spesifikasi yang ditawarkan. Nah, buat Sobat yang sedang berencana membeli VGA baru ada baiknya memperhatikan beberapa poin-poin terpenting dalam membeli perangkat ini, tujuannya supaya uang yang Sobat keluarkan tidak sia-sia. Nah, Ini dia tips mudah dan ampuh dalam memilih VGA berkualitas, Langsung saja baca yuk!

1. Jangan Terpaku Dengan Merek suatu VGA

Seperti yang kita tahu, diluar sana bertebaran berbagai merek VGA dari yang kita sendiri familiar dengan merek tersebut sampai merek yang membuat kita kebingungan atau geleng-geleng kepala lantaran tidak pernah mendengarnya. Memilih VGA dengan merek unggulan memang bagus, tapi jangan dijadikan syarat mutlak ya sob. Karena tiap-tiap merek tersebut tentunya sudah melewati serangkaian uji coba ketat yang membuatnya punya kualitas unggulan. Yang paling penting adalah spesifikasi yang dimiliki VGA tersebut, apakah sesuai dengan kebutuhan Sobat atau tidak. Jangan membeli VGA dengan spesifikasi dan harga tinggi jika ujung-ujungnya VGA tersebut tidak berguna buat menunjang kegiatan Sobat. Itu hanya membuat uang Sobat hilang tak berbekas, ingat ini barang elektronik, disimpan pun akan berkarat, jadi optimalkan sesuai keperluan kamu.

2. Pilih Yang Menawarkan Garansi Panjang

Ini adalah hal yang sangat penting selanjutnya. Tiap produk yang kita beli pastinya punya garansi tersendiri. Ada yang seminggu, sebulan, setahun dan seterusnya. VGA merupakan sebuah barang elektronik yang mana kita tahu tidak ada satupun barang elektronik yang tidak rusak baik itu karena kesalahan produksi. Untuk meminimalisir hal tersebut pilihlah VGA yang menawarkan garansi lama, misalnya  1 tahun, 2 tahun, atau bahkan seumur hidup. Dengan berani memberikan waktu garansi yang lama, itu menandakan sang pabrikan memang benar-benar yakin benar bahwa produk ciptaannya merupakan produk dengan kualitas nomor 1 dimana untuk membuatnya menggunakan bahan-bahan serta komponen kelas premium. Kalau sudah begitu, Sobat pun bakal merasa yakin bahwa VGA tersebut memang bukanlah VGA sembarangan, tentunya tak perlu khawatir dengan kualitas VGA tersebut.

3. Perhatikan GPU

GPU atau Graphics Processing Unit secara sederhananya disebut sebagai otak dari VGA. Sekarang lumayan banyak jenis-jenis GPU yang terkandung dalam VGA. Tapi, jika Sobat mau mendapatkan VGA dengan kualitas nomor wahid dapat memilih GPU Nvidia ataupun AMD Radeon. Dua jenis GPU tersebut merupakan penguasa di pasar VGA Sekarang. Selain itu, saat ini nampaknya juga jarang pabrikan VGA yang menggunakan GPU selain dari yang disebutkan tadi. Tetapi secara kualitas, saat ini Nvidia dapat dibilang lebih baik dari AMD karena menghasilkan kualitas visual yang lebih memanjakan mata dibanding AMD. Tapi jika berbicara soal harga, tentu saja AMD lebih ekonomis dibandingkan Nvidia. He he he.....

4. Lupakan VGA Dengan Bit Besar

Kenapa kami bilang lupakan? Karena baik buruknya VGA tidak tergantung dari Bit yang dimiliki. Banyak orang mengatakan bahwa semakin besar Bit yang dimiliki suatu VGA maka akan semakin baik pula kinerja dari VGA tersebut. Tapi, hal tersebut ternyata tak benar yah. Banyak kasus menyebutkan bahwa VGA dengan bit besar kalah dari VGA dengan bit yang lebih kecil. Kenapa dapat terjadi? Salah satu faktor yang paling berpengaruh sebenarnya adalah sejauh mana kualitas chip yang terkandung didalamnya. Jika chip yang digunakan oleh VGA dengan bit kecil merupakan chip keluaran terbaru serta punya arsitektur terbaru dan diadu dengan VGA bit besar tetapi membawa chip lawas, maka dapat dipastikan VGA bit kecil lah yang jadi juara. Selain itu, spesifikasi keseluruhan yang dibawa juga jauh lebih penting ketimbang hanya besaran kapasitas bit semata. Hal-hal seperti diameter GPU serta bahan heatsink (penghantar panas) dan jenis memori juga menjadi salah satu hal yang dapat Sobat jadikan acuan.

5. Jangan Jadikan Memori Sebagai Patokan

Sekarang orang-orang beranggapan bahwa semakin tinggi memori yang dimiliki oleh VGA, maka semakin baik. Dalam artian VGA 3 GB lebih unggul dari VGA 2 GB. Hal tersebut ternyata salah. VGA card tidak melulu berbicara mengenai kapasitas memori. Pada saat GPU buffering untuk melakukan rendering gambar atau semakin banyak dan kompleks tekstur pada suatu game, maka saat itulah kapasitas memori yang besar berperan. Namun, ketimbang Sobat mencari VGA dengan kapasitas memori besar, saran saya, lebih baik Sobat memilih VGA dengan jenis memori yang memiliki kecepatan lebih tinggi (biasanya versi lebih tinggi). Secara garis besar VGA 2 GB DDR3 belum tentu bakal mengungguli VGA 1 GB DDR5. Jadi, semakin tinggi jenis memori (DDR), maka semakin baik pula performanya. Sekali lagi, kapasitas memori yang besar pada VGA tak mempunyai peran yang signifikan yah.

6. Jangan Lupakan Harga

Kalimat “ada harga ada kualitas” memang bukanlah isapan jempol belaka. Jargon itu juga masih relevan dengan zaman sekarang, terutama VGA. Dengan banderol harga yang tinggi apalagi diproduksi oleh perusahaan dengan reputasi bagus maka dapat dijadikan acuan betapa tingginya kualitas VGA tersebut. Nah walaupun begitu, Sobat jangan serta merta/asal memilih VGA dengan banderol selangit ketimbang VGA dengan harga yang lebih ekonomis. Semua itu dikembalikan lagi kepada kebutuhan. Jangan membeli VGA mahal tapi ujung-ujungnya kemampuan dari VGA tersebut tidak keluar secara maksimal lantaran Sobat tidak membutuhkan spesifikasi dari VGA tersebut. Sayang duitnya, Sob! Klo kamu sultan banyak duit sih ga masalah Hehe

Nah gimana sob, Itu dia 6 tips memilih VGA Card yang baik apabila ingin membeli VGA baru dengan kualitas yang pas. Tips ini pun sangat relevan buat Sobat yang sedang memilih VGA untuk game berat, seperti GTA V atau yang lainnya. Oke, Semoga tips yang kami berikan dapat membantu Sobat sekalian. Dan satu lagi yang harus diingat, sesuaikan VGA yang diinginkan dengan dana yang ada. Semoga bermanfaat, Sob! Jangan lupa share artikel kami ya......

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post