Senin, 22 Januari 2018

author photo
Hai Sobat Danifin, Pernahkah anda memiliki barang yang ada stikernya tapi ingin menghilangkan stikernya karena bosan? Bagaimanakah cara menghilangkan bekas stiker? Stiker adalah salah satu bentuk tempelan yang digunakan untuk memperindah ataupun sebagai label dari produk tertentu. Untuk menempel dengan kuat, lem yang digunakan pastinya berkualitas sebut merk saja lem m3, posterei, reskol.

Anda sering menemui stiker menempel di berbagai produk misalnya saja motor, botol, toples, gelas, tupperware dan berbagai barang lain. Barang yang baru dibeli tentunya ada tempelan label stiker, beberapa dari stiker tersebut sangat sulit dilepas dan walaupun sudah dilepas nantinya akan meninggalkan bekas noda bekas lem. Lengket tersebut akan membuat debu dan kotoran menempel dengan mudah yang akhirnya menganggu kebersihan. Perlu sedikit trik khusus lho untuk membersihkan bekas stiker. Berikut ini tutorial cara menghilangkan sisa stiker yang masih melekat,

Cara Menghilangkan Lem Bekas Stiker


Tentunya banyak sekali bahan yang dapat digunakan sebagai penghilang lem sisa stiker, tetapi tentu Anda perlu memperhatikan ketahanan bahan dimana stiker menempel.

Contoh penerapan yang salah

Bensin

Bensin memang sih efektif  sekali menghilangkan bekas stiker tapi perlu diingat di sisi lain bensin dapat memudarkan warna dan meninggalkan bau apabila digunakan pada botol minum plastik. Cat motor pun akan rusak apabila terkena bensin, jadi not recommended.

Pisau Tajam

Anda dapat menggunakan pisau setejam silet untuk mengikis lem namun tentu akan menimbulkan goresan kecil yang tidak diinginkan

Berikut ini merupakan beberapa bahan yang efektif menghapus bekas stiker tapi di sisi lain juga aman.

Semprotan Anti Lengket/ Cooking Spray

Cairan ini biasanya sering digunakan untuk membantu menggoreng atapun memanggang agar makanan tak lengket di wajan. Anda dapat menggunakannya untuk mengurangi kelengketan lem stiker agar lebih mudah diangkat.

Cuka

Jangankan hanya bekas lem, cuka pun bisa juga lho menghilangkan kerak membandel, coba lihat di youtube

Untuk menghapus lem sisa tempelan stiker, oleskan cuka murni pada seluruh permukaan lem. Diamkan beberapa saat, biarkan cuka melakukan tugasnya. Lalu kamu gosok dengan spon kasar atau pisau plastik, terakhir tinggal bilas dengan air.

Uap Panas

Untuk bekas stiker di bahan yang keras seperti logam. Cukup didihkan air secukupnya di dalam sebuah ketel, tunggu sampai muncul uap. Ambil barang yang ada bekas stiker lalu letakkan tepat di atas uap panas tersebut. Dengan begitu lem bekas stiker lebih mudah diangkat dengan spon kasar

Minyak Kayu Putih

Minyak kayu putih cukup aman bahkan untuk menghapus sisa stiker di peralatan makan. Caranya cukup dengan meneteskannya ke permukaan noda stiker lalu ratakan dengan tangan. Setelah dibiarkan kurang lebih 5 menit, anda ambil spon kasar dan gosok semua sisa lem yang ada sampai bersih maksimal. Tambahkan minyak kayu putih apabila masih ada lem yang tersisa.

Alkohol

Caranya cukup dengan mengoleskan alkohol ke sisa stiker, gunakan alkohol murni ya ga pake rasa rasa. Biarkan beberapa saat lalu gosok lem sampai bersih.

Sebenarnya masih banyak lagi cairan yang dapat menghilangkan sisa stiker, cara penerapannya kurang lebih sama dengan trik di atas seperti cairan pembersih kaca, balsam, sitrun, cairan pembersih berbahan jeruk dan berbagai bahan mengandung minyak. Jangan Lupa, Selalu perhatikan bahan dimana stiker itu menempel ya!

Nah oke, Itulah cara membersihkan bekas stiker, kelengketan lem tersebut hampir sama dengan permen karet. Anda dapat mencoba menggunakan Cara Menghilangkan Noda Bekas Permen Karet.

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Lem Bekas Stiker dengan Mudah. Point penting nih, Label/Stiker yang ada di produk alat rumah tangga (ART) lama kelamaan akan rusak dengan sendirinya, apabila anda ingin mempertahankannya agar awet maka hindarkan bagian tersebut dari air saat mencuci. Sekian semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post