Rabu, 30 Mei 2018

author photo
Hai sobat Danifin, Bagi sobat yang saaat ini sedang mencari sumber atau referensi berbagai jurnal online baik nasional maupun internasional, mungkin daftar di bawah ini yang admin sediakan dapat membantu sobat, Nah, untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah beberapa daftar referensi penyedia jurnal ilmiah online gratis (free) alias yang tidak berbayar, untuk daftarnya saya rangkum dari berbagai sumber, silahkan untuk sobat yang mau menambahkan link dan sumber lainnya dapat menambahkannya melalui kolom komentar di bawah, silahkan sob...


Daftar Referensi Jurnal Ilmiah Online Gratis (Open Access Journals)


1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas)

http://e-resources.perpusnas.go.id/
Nah yang pertama adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia atau disingkat Perpusnas atau biasa disebut PNRI ternyata memberikan akses jurnal berbayar yang gratis baik nasional maupun internasional yang dapat diakses oleh seluruh warga negara Indonesia secara online. Jumlah jurnal yang dilanggan dan disediakan cukup banyak, dari mulai Proquest, Ebsco, SAGE dan masih banyak lainnya. Untuk dapat meng-akses jurnal-jurnal tersebut sobat harus mendaftarkan diri dulu menjadi anggota Perpusnas, baru sobat dapat mengakses jurnal-jurnalnya.

2. Portal Garuda Publikasi Indonesia Index (IPI)

http://id.portalgaruda.org/
Indonesian Publication Index – IPI adalah layanan akses jurnal online gratis yang dirancang untuk pengindeksan, abstrak, pemantauan dan meningkatkan standar publikasi ilmiah di Indonesia. Saat ini, ada lebih dari 4,819 jurnal Indonesia yang ada dalam database IPI, lumayan banyak bukan?

3. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

http://www.jurnal.lipi.go.id/
Jurnal Online LIPI ini disediakan secara cuma-cuma oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia untuk para penerbit jurnal ilmiah (himpunan profesi, lembaga penelitian, lembaga pendidikan, dan lain sebagainya). Seluruh proses dapat dilakukan secara online melalui situs ini, sejak proses pengiriman artikel, penilaian, editorial dan distribusi.

4. Directory of Open Access Journals (DOAJ)

https://doaj.org/
Directory of Open Access Journals adalah sebuah situs yang menyediakan fasilitas pencarian jurnal-jurnal ilmiah yang terpercaya dan dapat diakses secara gratis. Pada saat ini, Mei 2018, DOAJ mengklaim mereka memiliki 11,548 jurnal dan 8,352 diantaranya dapat diakses melalui mesin pencari yang mereka sediakan. Dan juga terdapat lebih dari 3,092,239 artikel ilmiah yang ada di situs mereka, sangat banyak kan jurnalnya?

5. Google Scholar

http://scholar.google.com/
Google Scholar menyediakan ratusan ribu informasi tentang literatur pendidikan referensi ilmiah. Sobat dapat mencari berbagai macam paper, tesis, jurnal, artikel, electronic books (ebook), dan literatur ilmiah lainnya dalam berbagai format publikasi hanya dengan memasukkan kata kunci di halaman Google Scholar.

6. Citeseer

http://citeseer.ist.psu.edu/
Citeseer adalah mesin pencari publik dan perpustakaan digital untuk jurnal karya ilmiah, paper dan akademik, terutama untuk bidang komputer dan ilmu pengetahuan.

7. PubMed Central

http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/
PubMed Central adalah basis data karya ilmiah teks lengkap digital gratis khusus ilmu alam dan biomedis. PubMed Central dikembangkan oleh U.S. National Library of Medicine (NLM) sebagai arsip artikel jurnal biomedis di Internet.

8. Biomed Central

http://www.biomedcentral.com/
Biomed Central merupakan STM (Science, technology and Medicine) yaitu open access jurnal yang berupa semua bidang biologi dan perobatan.

9. Economics

http://economics-ejournal.org/
Economics E-journal merupakan jurnal akademik yang berisi tentang bidang ilmu ekonomi dan mengadopsi pendekatan secara open source untuk publikasinya.

10. IOSR Journals

http://iosrjournals.org/
International Organization of Scientific Research merupakan sebuah organisasi swasta yang independen. IOSR menyediakan dukungan dan layanan untuk para profesional pendidikan dan peneliti di seluruh dunia. IOSR adalah jurnal akses terbuka berbasis luas.

11. First Monday

http://firstmonday.org/
First Monday adalah salah satu yang paling awal yang menerapkan jurnal akses terbuka (open access journals), peer-review jurnal di Internet. Sejak dimulai pada Mei 1996 hingga saat ini telah mengumpulkan 264 isu serta lebih dari 1,756 artikel yang berhasil diterbitkan.

12. Technology Innovation Management Review

http://timreview.ca/
TIM Review menyediakan konten wawasan jurnal tentang isu dan tren yang berkaitan dalam pertumbuhan bisnis teknologi. Isi dan ulasan berfokus pada teori-teori, strategi, dan alat-alat yang membantu perusahaan teknologi berkembang.

13. International Journal of U- and E- Service, Science and Technology

http://www.sersc.org/journals/IJUNESST/
International Journal of U- and E- Service, Science and Technology menyediakan berbagai jurnal isu dengan topik-topik dasar yang mencakup bidang bisnis, pendidikan, pemerintahan, kesehatan, dan sejumlah topik lainnya.

Nah itu dia beberapa link dari situs penyedia open access jurnal, sobat dapat langsung mengklik link-link di atas untuk menuju ke situs-situs yang bersangkutan. Semoga bermanfaat bagi yang membutuhkan. Jangan lupa share artikel ini jika bermanfaat ya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post