Senin, 07 Mei 2018

author photo
Hai sobat Danifin, Baru-baru ini saya diberitahu bahwa ada cloud vps bagus yaitu UpCloud, Nah, saya penasaran bagaimana sih kualitas dari Cloud VPS UpCloud apakah lebih baik dari yang lain? Karena baru mendapatkan kupon $25 (deposit $10 menggunakan debit Jenius), akhirnya sekalian saja menuliskan reviewnya dalam bahasa indonesia. Siapa tahu lebih cocok buat kebutuhan ngeblog saya atau cocok untuk anda.



Dan jujur saja sih saya membuat ulasan lebih ke UpCloud yang menyediakan lokasi Singapore, yang jelas jadi pertimbangan utama dari user yang ada di Indonesia, sebenernya saya ada server USA, tapi saya review yang server SG saja karena sobat kebanyakan yang ngeblog visitor dari indo kan? bagi yang penasaran servernya ada dimana saja, coba sobat lihat lokasi servernya.


UpCloud sendiri ada provider server berbasis cloud, ya seperti contohnya yang menggunakan cloud yaitu DigitalOcean dan Vultr, kira-kira seperti itulah sistemnya. Dan untuk produk yang saya bicarakan adalah paket paling rendahnya yang seharga USD 5 sebulan, maklum ngirit sob, he he he:

1 CPU
RAM 1024 MB
25 GB Disk

Daftar lengkap paket server UpCloud dibawah:

Sebenernya bisa custom juga, tapi ya jatohnya harganya pasti lebih mahal....
Nah yang unik nih mereka menuliskan kecepatan I/O pakainya IOPS. Dan bandwidthnya sendiri diberikan 500 Mbps (kalau trial 100 Mbps). Lokasinya jelas SG (ya karena saya buat server SG).

Apa yang kita dapatkan?

Seperti biasa diawali dengan prosesornya/cpu:
lscpu
Architecture:               x86_64
CPU op-mode(s):        32-bit, 64-bit
Byte Order:                 Little Endian
CPU(s):                      1
On-line CPU(s) list:   0
Thread(s) per core:    1
Core(s) per socket:    1
Socket(s):                  1
NUMA node(s):        1
Vendor ID:                GenuineIntel
CPU family:              6
Model:                      79
Model name:            Intel(R) Xeon(R) CPU E5-2687W v4 @ 3.00GHz
Stepping:                  1
CPU MHz:               2999.994
BogoMIPS:              5999.98
Hypervisor vendor:  KVM
Virtualization type:  full
L1d cache:               32K
L1i cache:                32K
L2 cache:                 4096K
L3 cache:                 16384K
NUMA node0 CPU(s):     0
Flags:                 fpu vme de pse tsc msr pae mce cx8 apic sep mtrr pge mca cmov pat pse36 clflush mmx fxsr sse sse2 ss syscall nx pdpe1gb rdtscp lm constant_tsc arch_perfmon rep_good nopl xtopology eagerfpu pni pclmulqdq ssse3 fma cx16 pcid sse4_1 sse4_2 x2apic movbe popcnt tsc_deadline_timer aes xsave avx f16c rdrand hypervisor lahf_lm abm 3dnowprefetch invpcid_single fsgsbase tsc_adjust bmi1 hle avx2 smep bmi2 erms invpcid rtm rdseed adx smap xsaveopt arat

Struktur storagenya (SSD teknologi MaxIOPS):
df -hT
Filesystem     Type        Size    Used    Avail   Use% Mounted on
/dev/vda1      xfs            25G    1.2G     24G     5%       /
devtmpfs       devtmpfs  487M     0      487M   0%       /dev
tmpfs             tmpfs        497M     0      497M   0%       /dev/shm
tmpfs             tmpfs        497M  6.2M  490M   2%       /run
tmpfs             tmpfs        497M     0      497M   0%       /sys/fs/cgroup
tmpfs             tmpfs        100M     0      100M   0%       /run/user/0

Dan memori (RAM) default tanpa swap:
free -m
                    total         used        free      shared  buff/cache   available
Mem:            992         121         380           6          490             701
Swap:             0              0             0
Mari kita cek performanya!
Nah, Kalau cuma bicara spesifikasi saja, maka ini sebenarnya sudah sangat mampu bersaing dengan DigitalOcean dan Vultr untuk tarif yang setara. Jadi tidak rugi juga lho pakai VPS ini, tinggal bagaimana kinerja dari VPS ini.

Nah, sekarang mari kita benchmark dengan menggunakan bench.sh:


Daat dilihat di atas, tidak ada masalah pada hasilnya dan terlihat bagus. I/O masih tergolong bagus, ini jelas SSD atau bisa jadi sudah NVMe (opini saja). Sedangkan secara bandwidth/konektivitas juga hasilnya mencukupi karena ini di SG lokasinya dan berdasarkan SS di atas, kecepatan lumayan cepat diakses dari Singapore. Jelas saya belum menemukan kekurangan dari vps ini.

Kesimpulan

Saya akui Cloud VPS ini cukup bagus, bisa dibilang setara dengan DO dan Vultr, kalau bicara unggul ya itu lho CPUnya sudah 3.0 GHz dan kecepatan Disknya yang luar biasa. Jika ada kelebihan pasti ada kelemahan, Nah kalau bicara kelemahan nih, lokasi server yang kurang banyak dan hanya server UK yang bisa ditambahkan disk HDD (kalau main blog wallpaper pasti butuh banget mengingat kebutuhan disk yang besar dan harga sewa HDD yang murah ketimbang SSD)

Untuk pembayaran awal perlu kartu kredit untuk verifikasi, dan jika pada awalnya pembayaran hanya lewat kartu kredit dan bank USA saja, namun update sekarang sudah support paypal, namun perlu diingat ya, untuk verifikasi akun menggunakan kartu kredit ya. Jika ingin kupon monggo mampir disini

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post