Sabtu, 01 September 2018

author photo
Hai sobat Danifin, Menjadi bagian dari keluarga besar TNI Angkatan Udara pastinya merupakan cita-cita banyak orang, tidak terkecuali sobat. Syarat diterima menjadi anggota TNI Angkatan Udara pastinya tidak mudah. Untuk itu jauh-jauh hari sobat harus mempersiapkan diri, fisik dan mental serta kesiapan lainnya. Agar saat waktu penerimaan TNI Angkatan Udara tiba, sobat dapat mendaftarkan diri dan diterima. Berita paling baru, cara masuk TNI AU setidaknya harus memenuhi syarat umum dan khusus, serta melalui beberapa langkah-langkah atau prosedur. 


Persyaratan khusus masuk TNI AU sesuai dengan rekrutmen Bintara TNI AU terakhir, diantaranya adalah Warga Negara Indonesia yang berusia minimal 17 tahun 9 bulan serta maksimal berusia 22 tahun ketika pembukaan pendidikan pertama. Selain itu peserta tidak mempunyai catatan kriminialitas, sehat jasmani dan rohani. Peserta juga tidak sedang kehilangan hak menjadi prajurit oleh putusan pengadilan. Syarat khusus yang terakhir adalah lulus pendidikan pertama untuk membentuk prajurit siswa. 

Sementara itu untuk Bintara PK pria masih terdapat persyaratan khusus daftar TNI AU. Diantaranya mempunyai ijazah SMA/MA jurusan IPA, SMK teknik/Paramedis dan legalisir ijazah SD hingga SLTP serta rapor asli. Pendaftar juga harus mempunyai tinggi badan minimal 163 cm dan berat ideal. Sedangkan Bintara PK wanita diantaranya wajib ber-ijazah SMA/MA semua jurusan atau SMK jurusan akuntansi, teknik informatika paramedis, perkantoran, dan manajemen. Serta mempunyai tinggi badan minimal 157 cm dan berat ideal. 

Cara masuk TNI AU juga harus memenuhi persyaratan tambahan. Diantaranya bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia. Sanggup mengganti kerugian biaya negara apabila mengundurkan diri pada saat pendidikan atau sebelum ikatan dinas pertama (10 tahun) berakhir termasuk gaji, biaya pendidikan dan tunjangan. Orang tua/wali wajib menandatangani pernyataan bermaterai bahwa tidak akan menyuap/kolusi. Syarat lainnya adalah belum kawin dan sanggup tidak kawin hingga 2 tahun setelah pendidikan

Prosedur pendaftarannya sendiri adalah dilakukan secara online. Terdapat dua website, dimana sobat dapat mendaftar secara online, yaitu melalui website http://au.rekrutmentni.net atau http://rekrutmen-tni.mil.id. Apabila berhasil mendaftar secara online, maka peserta wajib melakukan daftar ulang di Lanud wilayah masing-masing atau panitia pendaftaran yang ditunjuk. Misalnya di Lanud Halim Perdanakusuma, Lanud Palembang, Lanud Padang, Lanud Timika, Lanud Haluleo dan lain sebagainya sesuai dengan yang terdekat dari lokasi sobat.

Cara masuk TNI AU dan persyaratan masuk TNI AU di atas yang saya jelaskan tidak terlalu berat bukan? Apabila sobat telah mempunyai tekad yang kuat dan memenuhi syarat-syarat di atas, jangan ragu ataupun minder untuk untuk bergabung bersama keluarga besar TNI Angkatan Udara. Dengan komitmen penuh pengabdian kepada NKRI sobat tentu dapat melalui setiap tahapan test, pendidikan dan kontrak dengan baik. Setiap proses rekrutmen Bintara TNI AU diatas tidak dipungut biaya apapun. Jadi hati-hati pada penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah itu saja Cara Terbaru Masuk TNI AU beserta Persyaratannya, semoga bermanfaat untuk sobat yang ingin mendaftar TNI AU.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post