Senin, 21 Oktober 2019

Menambal ban bocor alus, bagi admin merupakan pekerjaan yang cukup merepotkan, bagaimana tidak ...?? Saat ada pengguna kendaraan mengetahui ban kendaraannya kempes, dan membawanya ketempat admin untuk ditambalkan, giliran sudah dibongkar dan diperiksa ternyata tidak ditemukan dimana bocornya. Sampai di sini mungkin sobat akan berfikir bahwa ban tersebut memang tidak bocor atau hanya bermasalah pada pentilnya saja, sehingga saat diperiksa tidak ditemukan adanya bagian yang bocor.

Dari pengalaman yang sering admin alami, kejadian seperti ini biasanya ada 2 kemungkinan yang menjadi penyebabnya, yang pertama memang tidak bocor, dan penyebab ban tersebut kempes dikarenakan pentilnya bermasalah, sedangkan kemungkinan kedua yaitu ban memang bocor, tapi bocornya sangat halus dan sulit terdeteksi saat diperiksa atau dilakukan perimbangan.

Untuk kemungkinan yang pertama admin kira bukanlah masalah yang serius, karena dengan mengganti pentil lama dengan pentil baru maka permasalahannya selesai, tapi apabila ternyata yang terjadi adalah kemungkinan yang kedua, maka mau tidak mau sobat harus memiriksanya dengan ekstra teliti, supaya dapat menemukan dimana letak bagian yang bocor, supaya jangan sampai sobat mengulang pekerjaan yang sama hingga beberapa kali.

Ban Bocor Alus

Memang sih, apabila menemukan ban bocor dengan kondisi seperti ini terkadang cukup merepotkan, karena bisa jadi saat dilakukan pemeriksaan tidak ditemukan bocornya, tapi giliran sudah dipasang dan digunakan ternyata ban tersebut kempes lagi, alias anginnya tidak betah berada didalam ban. Untuk itu apabila sobat menemukan ban bocor alus, sebaiknya jangan langsung mengambil kesimpulan bahwa ban tersebut tidak bocor, tapi cari lagi dengan lebih teliti bagian mana yang sekiranya bocor.

Karena apabila ban tersebut memang betul-betul bocor, biarpun bocornya sangat halus dan sulit terditeksi, asalkan sobat benar-benar teliti mencarinya tentu akan ketemu, biar kata untuk menemukannya cukup memakan waktu dan terkadang terasa merepotkan.

Baiklah sobat Dukun Ban semuannya, pada kesempatan kali ini admin ingin sedikit berbagi cerita seputar pengalaman admin menjadi tukang tambal ban mengenai tips-tips saat menemukan ban kendaraan yang bocor alus, bagaimana cara-cara melakukannya adalah sebagai berikut :

Saat sobat menemukan ban yang kondisinya bocor alus, atau bocornya sulit terdeteksi saat dilakukan pengecekan, maka seperti sudah admin katakan di atas, janganlah sobat langsung mengambil kesimpulan bahwa ban tersebut tidak bocor tapi harus diteliti lagi hingga sobat benar-benar yakin bahwa memang tidak bocor atau menemukan bagian yang bocor.

Setelah sobat melakukan pengecekan dengan cara merimbang ban pada bak perimbang tapi sobat tidak menemukan bagian yang bocor, maka langkah berikutnya adalah memompa atau menambahkan angin pada ban tersebut supaya tekanan di dalam ban lebih besar dari pada sebelumnya, lalu dirimbang lagi untuk menemukan bagian yang bocor.

Jika sobat sudah melakukan cara ini tetapi masih belum juga ditemukan bagian yang bocor, maka langkah berikutnya yang perlu dilakukan adalah sekali lagi memompa atau menambah angin pada ban tersebut, supaya tekanannya lebih besar lagi dari pada sebelumnya, lalu oleskan air sabun menggunakan kuas ke seluruh bagian ban, dan tunggulah beberapa saat, karena biasanya pada bagian yang bocor akan bergelembung.

Tetapi apabila sobat sudah menerapkan cara ini, tapi bagian yang bocor belum juga ditemukan, saran admin janganlah langsung mengambil kesimpulan bahwa ban tersebut tidak bocor, tapi masih ada satu langkah lagi yang harus dilakukan untuk memastikan ada tidaknya bagian yang bocor, caranya setelah ban diolesi dengan air sabun, cucilah ban tersebut hingga bersih lalu jemur di bawah sinar matahari atau biarkan kering dengan sendirinya, seteleh itu dirimbang kembali.

Biasanya setelah melakukan cara-cara di atas apabila memang ban tersebut bocor, walaupun sangat halus tentu akan ketahuan dan terditeksi, namun apabila semua cara di atas sudah dilakukan, dan masih belum juga ditemukan bagian yang bocor, maka dapat dipastikan bahwa ban tersebut  memang tidak bocor, artinya penyebab ban tiba-tiba kempes dikarenakan pentilnya bermasalah.

** Catatan **

Dari pengalaman yang admin alami, bocor alus pada ban kendaraan yang paling sulit ditemukan dan terdeteksi adalah dibagian sekitar pentil atau orang daerah admin sering menyebutnya dengan istilah dop. Cara untuk mengetahuinya apabila pada ban sepeda motor saat merimbang atau melakukan pengecekan tekanlah ke kanan dan ke kiri pada bagian pentilnya, sedangkan untuk ban mobil dimana pentil atau dopnya sebagian dari logam dan sebagian lagi dari keret, bocor alus yang paling sulit ditemukan adalah dibagian ujung pentilnya.

Biasanya bocor alus pada ban mobil dibagian tersebut, baru akan ketahuan apabila ban sudah dipasang dan dipompa dengan cukup keras, untuk mengetahuinya adalah dengan cara memberi air sabun pada ujung pentil, apabila memang bocor, maka pada ujung pentil yang diberi air sabun akan mengeluarkan gelembung, nah apabila ban sudah terlanjur dipasang seperti ini dan ternyata ban bocor dibagian pentilnya, cara untuk mengatasinya adalah dengan diikat menggunakan kawat hingga kencang.

This post have 0 komentar

Berkomentarlah yang baik, usahakan jangan menempelkan link, percuma karena saya set nofollow
EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post