Cara Memasang NFC di Android dengan Mudah

Hai sobat Danifin, Perkembangan teknologi handphone memang semakin ke sini semakin pesat. Baik dari segi perangkat keras maupun dari sisi perangkat lunak yang tersedia. Bila dilihat dari sisi perangkat keras, sangat jelas bila handphone sudah banyak berubah. Dari segi ukuran misalnya, kini handphone sudah menjadi sangat mudah untuk dibawa ke mana – mana. Apalagi bila kita melihat dari sisi perangkat lunak. Kini dengan berbagai software yang tersedia maka fungsi dari handphone bukan lagi hanya sekadar untuk menelpon saja.



Lebih dari itu, bila kita melihat fitur dan spesifikasi yang ada pada handphone saat ini pun maka perkembangannya sangatlah terasa. Salah satu fitur yang terdapat pada handphone keluaran terbaru yang sangat mempunyai fungsi penting adalah salah satunya adalah NFC.

Apakah Sobat tahu apa itu NFC? Bagi Sobat yang sering mengikuti perkembangan jaringan komputer dalam beberapa tahun terakhir, maka NFC sudah sering digunakan pada beberapa perangkat Android. NFC sendiri adalah singkatan dari Near Field Communication. Secara singkatnya, NFC bisa dikatakan sebuah konektivitas yang mempunyai fungsi untuk menyambungkan atau bisa juga untuk menghubungkan dua buah perangkat pada jarak yang tidak terlalu jauh.

Untuk dapat memasang NFC pada Android, ada beberapa kondisi yang harus diperhatikan. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasannya.

1. Perangkat Android sudah mendukung fungsi NFC

Perlu Sobat ketahui bahwa untuk dapat menambahkan dukungan penuh NFC, maka perangkat Android yang digunakan haruslah mendukung fungsi tersebut. Meskipun begitu, bukan berarti smartphone yang tidak didukung NFC sama sekali tidak bisa ditambahkan NFC. Perlu kondisi tertentu untuk dapat melakukannya. Untuk samartphone yang tidak didukung, masih ada cara lain, yakni menggunakan perangkat keras tambahan. Caranya tersebut menggunakan adaptor NFC eksternal. Kartu memori NFC Micro SD dan NFC Stiker.

2. Memakai Adaptor NFC Eksternal

Cara yang paling umum dan populer digunakan banyak orang adalah memakai adaptor NFC Eksternal. Penggunaan adaptor NFC ini adalah perangkat yang memungkinkan pengguna untuk tidak perlu memodifikasi atau pun membongkar perangkat yang sudah ada. Untu melihat cara kerja alat ini, silakan ikuti petunjuknya di bawah ini.


  • Pertama-tama, Sobat tinggal siapkan smartphone dan adaptor NFC eksternal yang akan digunakan.
  • Selanjutnya Sobat tinggal pasangkan smartphone dan adaptornya seperti gambar di bawah ini.
  • Berikutnya tunggu hingga perangkat saling terhubung. Apabila sudah, maka smartphone sudah siap digunakan untuk melakukan transfer data melalui NFC.
  • Nantinya, akan muncul sebuah transaksi yang menyatakan bahwa fungsi NFC berhasil dilakukan.

Cara memasang NFC dengan adaptor ini masih cukup jarang digunakan karena biaya adaptornya yang cukup mahal. Namun, Sobat masih bisa menggunakan cara lainnya sebagai berikut.

3. Memakai Micro SD

Cara selanjutnya adalah menggunakan micro SD untuk penggunaan perangkat NFC pada Android. Umumnya, jenis Micro SD yang digunakan berbeda dengan jenis Micro SD pada umumnya. Merk yang digunakan biasanya adalah Optelio Gemalto, Tyfone, Netcom, Credense, ataupun dari Device Fidelity. Jenis yang bermacam-macam tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan biaya yang dikeluarkan. Cara menggunakan NFC Micro SD pada smartphone sebagai berikut.

  • Persiapkan micro SD yang dibutuhkan. Sobat bebas menggunakan jenis miro SD mana saja seperti Optelio Gemalto, Tyfone, Netcom, dan lain-lain.
  • Selanjutnya masukan ke dalam smartphone layaknya micro SD pada umumnya. Bila sebelumnya Sobat menggunakan micro SD, maka cabutlah micro SD yang lama tersebut. Bila jenis slot Micro SD yang digunakan adalah Hybrid dan terdapat dua jenis sim card, maka cabutlah sim card kedua dan pasangkan Micro SD-nya.
  • Setelah dipasangkan, hidupkan smartphonenya maka fitur NFC sudah dapat terhubung pada smartphone apapun.

Penggunaan micro SD sebagai fitur NFC ini dapat digunakan sebagai pembayaran kartu kredit. Meskipun di Indonesia sendiri cara ini masih langka, namun di luar negeri, hal tersebut sudah dapat dilakukan dan menjadi hal yang lumrah. Cara yang terakhir bisa Sobat lihat sebagai berikut.

4. Memakai Stiker NFC

Stiker ini bukanlah stiker sembarangan karena dapat digunakan untuk melakukan NFC pada perangkat Android. Contohnya saja bisa Sobat lihat pada Stiker NCF buatan Samsung. Stiker tersebut sudah didesain sedemikian rupa agar dapat melakukan aktivitas NFC pada umumnya. Pihak Samsung mengeklaim bila penggunaan stiker NFC ini dapat membantu keperluan user dalam aktivitasnya. Contohnya. Pada sebuah toko yang memakai stiker NFC ini dapat memprogram agar dapat mengirimkan SMS, mengakses sebuah halaman web, membuka sebuah aplikasi dan tugas-tugas marketing lainnya.

Untuk user sendiri pun juga dapat terbantu  dengan stiker ini, misalnya saja user dapat mengatur panggilan masuk ketika tidur hanya dengan menyentuh smartphone pada pada stiker yang ditempel. Untuk cara pemakaiannya, silakan lihat ulasannya berikut ini.

  • Sobat bisa beli Stiker NFC yang sudah dijual di Indonesia. Di sini kita gunakan T-Cash dari telkomsel
  • Aktifkanlah T-Cash dengan menghubungi layanan *800*88#
  • Selanjutnya Sobat tinggal tempelkan stikel Tcash pada smartphone di bagian belakang. Usahakan stikernya tidak menutupi area NFC pada smartphone.
  • Bila sudah, maka Stiker tersebut dapat digunakan pada setiap transaksi yang mendukungnya.

Bila Sobat merasa kesulitan dalam mengaktifkan stiker NFC tersebut, Sobat bisa meminta bantuan pada bagian Customer Service. Sobat bisa lihat cara-cara lainnya seperti cara menggunakan Tcash bonus, cara cek nomor Telkomsel, dan cara cek poin Telkomsel dengan mudah.

Meskipun saat ini penggunaan NFC di Indonesia masih sangat sedikit karena hanya didukung beberapa perangkat saja, namun fungsi NFC ini dapat berguna di masa depan ketika uang elektronik sudah familiar di masyarakat. Semoga artikel ini bisa membantu.

Meskipun demikian, NFC dinilai akan menjadi salah satu fitur komunikasi nirkabel yang akan populer di kemudian hari. Dengan berbagai kekurangan yang masih bisa diperbaiki. Ke depannya penggunaan NFC diyakini akan menjadi lebih massif. Saat ini beberapa keunggulan dan fungsi NFC pada hp yang sudah bisa kita nikmati antara lain adalah:

Mudah digunakan

Penggunaan NFC ini dinilai sangat mudah digunakan. Tidak memerlukan terlalu banyak settingan dan juga hanya memmerlukan satu sentuhan saja maka NFC ini sudah bisa digunakan.

Sangat multifungsi

Penggunaan NFC ini juga dinilai sangat multifungsi. Pada handphone, NFC bisa melakukan banyak hal secara otomatis. Penggunaan NFC ini dinilai mempermudah dan membuat praktis dalam banyak hal. NFC bisa digunakan untuk mengetahui lokasi dari suatu tempat melalui Location Based Service. Lebih jauh penggunaan NFC juga akan sangat membantu sobat ketika sobat sedang terburu – buru. NFC akan sangat membantu meringankan berbagai pekerjaan sobat. Untuk mendukung hal ini tentunya diperlukan beberapa aplikasi NFC untuk android.

Transaksi pembayaran menjadi lebih mudah.

Bila dulu sobat tidak perlu membawa uang cash namun hanya membawa kartu debit ataupun kartu kredit saja untuk melakukan pembayaran. Maka saat ini yang sobat butuhkan hanya perangkat handphone yang mempunyai NFC. Dengan menggunakan NFC maka transaksi jual beli akan menjadi lebih cepat. Cukup dengan menempelkan handphone sobat yang sudah bisa melakukan fitur NFC ke alat pembayaran yang tersedia maka transaksi pun bisa dilakukan.

NFC dinilai mempunyai system keamanan yang sangat baik.

Di beberapa tempat aplikasi NFC ini sudah digunakan sebagai kunci rumah. Cukup dengan menempelkan perangkat kita dengan pintu rumah yang terintegrasi NFC maka sobat sudah bisa mengunci ataupun membuka rumah sobat dengan otomatis. Ini salah satu bukti bila NFC mempunyai system keamanan yang sangat baik.

Sistem keamanan NFC ini bahkan dinilai jauh lebih dari Bluetooth, Wifi, maupun aplikasi transfer data lainnya yang sudah ada. Hal ini juga memberikan sobat rasa aman bila sobat ingin mengirim atau menerima data tanpa takut diretas. Hal lain yang juga menjadi bukti bahwa keamanan NFC ini bisa dipercaya adalah sudah banyak nya tempat yang menggunakan NFC untuk mendukung transaksi jual beli mereka. Hal ini tidak mungkin terjadi bila keamanan dari NFC ini dianggap masih rentan.

Related Posts