-->
daryl farahi

Tips Cara Hemat Energi Listrik Wajib Anda Coba

Hai sobat Danifin, Tips mudah cara hemat energi listrik sangat wajib untuk kita ketahui karena dari waktu ke waktu penggunaan listrik terus melonjak. Apabila dibiarkan begitu saja, maka hal tersebut akan berdampak buruk untuk kelangsungan hidup kedepannya. Terlebih lagi tagihan yang harus Sobat bayar pastinya juga semakin melonjak.



Terlebih saat ini era teknologi berkembang dengan sangat pesat. Dan ditambah lagi dengan hadirnya beberapa peralatan elektronik yang terus meningkat. Salah satu alat elektronik yang banyak digunakan saat ini adalah smartphone.

Walaupun mempunyai sisi baik namun rupanya penggunaan alat elektronik berlebihan seperti gadget tanpa sadar membuat kita acuh terhadap sumber daya alam yang sifatnya tak dapat diperbarui. Melihat ketersediaan energi listrik yang kian berkurang alangkah baiknya apabila mulai sekarang kita perlu melakukan penghematan energi listrik.

Demi kelangsungan hidup anak cucu kita kedepannya ayo hemat energi listrik mulai sekarang. Dan berikut ini kami punya tips cara hemat energi listrik yang wajib Sobat di rumah mulai saat ini:

Menggunakan listrik pulsa

Cara hemat energi listrik yang pertama adalah menggunakan listrik pulsa. Ya, saat ini banyak sekali warga yang sudah beralih ke listrik pulsa. Karena listrik pulsa dirasa lebih hemat dan rendah biaya tagihan. Disamping itu juga, dengan penggunaan listrik pulsa ini maka kita dapat menyesuaikan besar kecilnya listrik sesuai dengan kebutuhan.

Apabila pulsa akan habis secara otomatis  terdengar suara peringatan  “ tit tit tit”. Apabila sudah terdengar bunyi tersebut maka Sobat harus membeli pulsa listrik di counter terdekat.

Gunakan lampu seperlunya

Untuk menyiasati penggunaan lampu dalam rumah, Sobat dapat menggunakan jendela atau membuka pintu supaya cahaya dapat masuk. Dan saat malam hari sebaiknya gunakan lampu sesuai dengan kebutuhan saja.

Matikan alat elektronik ketika hendak tidur

Cara hemat energi listrik selanjuntnya ialah jangan lupa untuk mencabut tv sebelum Sobat tidur. Sebab, apabila tv tetap dibiarkan tertancap pada saklar, tanpa disadari aliran arus listrik masih mengalir. Selain membuat tagihan listrik semakin besar membiarkan tv tertancap dalam keadaan lama hal tersebut akan membuat kondisi tv semakin rusak karena durasi penggunaan yang cukup lama. Tak ingin Tv Sobat rusak karena hal ini bukan?

Kurangi penggunaan peralatan elektronik yang berlebihan

Orang jaman dahulu setiap melakukan pekerjaan pasti dilakukan dengan bersama-sama walaupun peralatan yang tersedia hanya sedikit. Lain halnya dengan jaman sekarang yang semuanya serba instan.  Dimana orang sekarang untuk mencuci pakaian pun menggunakan mesin cuci walau pakaian yang kotor hanya sedikit.

Sikap tersebut sebaiknya harus segera kita ubah, untuk apabila pakaian kotor hanya sedikit tidak ada salahnya apabila dicuci secara manual menggunakan tangan. Dengan begitu secara tidak langsung kita sudah menerapkan salah satu cara hemat energi listrik bukan?

Selain itu, mulai sekarang Sobat juga dapat mengurangi penggunaan AC dengan cara membuka jendela di berbagai ruangan, supaya udara alami dapat keluar masuk dengan leluasan ke rumah anda.

Cabut kabel dari saklar saat tidak digunakan

Meski terlihat sepele, rupanya kabel yang tertancap di saklar walau tidak digunakan juga masih dialiri oleh listrik lho. Dengan begitu maka aliran listrik tersebut terbuang percuma, sekalipun Sobat tidak menggunakannya. Jadi sebaiknya lepas kabel dari saklar ketika tidak digunakan.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk kabel charger saja ya, apabun benda elektronik yang tidak digunakan alangkah baiknya dicabut saja dari saklar. Sebab besarnya tanggungan listrik yang harus Sobat bayar salah satu disebabkan oleh aliran listrik yang terbuang sia-sia seperti kabel yang dibiarkan menancap pada saklar walau tidak digunakan.

Itu tadi beberapa cara hemat energi listrik yang wajib Sobat coba untuk mengurangi tagihan bulanan yang dari waktu ke waktu terus mengalami pembengkakkan. Ingat apabila energi listrik merupakan salah satu energi yang sekali pakai atau tidak dapat diperbarui. Karena itulah, mulailah menghemat listrik untuk kelangsungaan hidup kita kedepannya.
daryl farahi
Load comments