daryl farahi

Cara Melawan Coronavirus dengan Meningkatkan Ketahanan Tubuh

Hai sobat Danifin, Kembali lagi dengan Admin, Kali ini mimin akan bahas tentang pandemi yang sedang melanda seluruh dunia nih, yaitu corona atau COVID-19, Memperkuat sistem imun adalah cara terbaik untuk sobat dapat melawan virus corona. Apabila sistem imun Sobat bagus, maka setidaknya sistem imun dapat melawan dan menghentikan perkembangan coronavirus dalam tubuh sobat. Karena itulah, ada beberapa cara yang cukup jitu lho untuk melawan virus corona yaitu dengan meningkatkan ketahanan tubuh.

Cara Melawan Virus Corona dengan Meningkatkan Sistem Imun


Sampai saat ini belum ditemukan obat atau vaksin yang dapat melawan coronavirus yang memang menjadi penyakit yang super teramat menular untuk saat ini. Karena itulah, saat ini masyarakat seluruh dunia dianjurkan untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya atau bahasa kerennya imun tubuh. Cara meningkatkan daya tahan tubuh untuk melawan coronavirus adalah sebagai berikut, mari disimak yah.

Konsumsi Makanan Bergizi

Salah satu cara meningkatkan sistem imun adalah dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan bergizi. Jenis makanan bergizi yang harus Sobat konsumsi itu beraneka ragam, mulai dari sayuran, buah, ikan, daging, kacang-kacangan dan biji-bijian. Nutrisi yang cukup akan membuat sistem imun menjadi lebih kuat sehingga tubuh Sobat tidak mudah terkena penyakit.

Selain berbagai macam makanan bergizi, Sobat juga disarankan untuk mengkonsumsi bawang putih dan jahe. Berbagai nutrisi yang terkandung dalam bawang putih dan jahe dapat membantu tubuh melawan infeksi virus dan sekaligus meredakan peradangan dalam tubuh.

Rajin Berolahraga

Selain asupan nutrisi dari makanan bergizi, Sobat juga perlu untuk rajin berolahraga. Pastikan bahwa Sobat berolahraga secara teratur bukan hanya sesekali saja, Setidaknya, setiap hari Sobat perlu sempatkan waktu minimal kurang lebih selama 30 menit untuk melakukan olahraga, tak perlu yang berat-berat, cukup yang ringan saja. 

Hindari Stress

Menghindari stress berkepanjangan juga dapat menjaga dan meningkatkan sistem imun tubuh. Perlu diketahui bahwa stres dalam jangka waktu yang panjang dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon kortisol tersebut dapat mengganggu kinerja sistem imunitas tubuh. Karena itulah, Sobat harus terus berusaha terhindar dari stress sehingga daya tahan tubuh Sobat tidak terganggu.

Tidur yang Cukup

Kurang tidur dapat berakibat buruk untuk kesehatan tubuh, termasuk membuat sistem imun jadi terganggu.  Jika daya tahan tubuh Sobat menurun maka virus dan bakteri akan lebih mudah menginfeksi tubuh Anda.
Oleh sebab itu agar tubuh dapat melawan virus corona, maka Sobat perlu beristirahat dengan cukup. Waktu tidur yang dibutuhkan oleh orang dewasa sekitar 7-8 jam, sementara itu, untuk anak-anak membutuhkan waktu tidur sekitar 10 jam.

Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Salah satu sel imun, yaitu sel T membutuhkan energi yang dapat didapatkan dari sinar matahari. Oleh sebab itu, sempatkan waktu untuk berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi. Tak perlu terlalu lama berjemur, sebab waktu terbaik untuk berjemur adalah 15 menit di pagi hari sebelum jam 10 pagi.

Konsumsi Multivitamin

Selain kelima cara di atas, Sobat juga perlu mempertimbangkan untuk rajin mengkonsumsi multivitamin. Selain rajin konsumsi multivitamin, Sobat juga perlu melakukan beberapa upaya lanjutan agar Sobat tidak mudah tertular virus corona, beberapa diantaranya seperti:

Rajin cuci tangan dengan sabun di bawah air mengalir, atau jika tidak ada air dapat menggunakan hand sanitizer
Jangan menyentuh area wajah, khususnya bagian mata, hidung dan mulut apalagi jika Sobat belum cuci tangan
Jaga jarak dan hindari untuk bepergian ke area yang berpotensi sebagai lokasi penyebaran virus.

Keenam cara di atas cukup efektif untuk meningkatkan sistem imun. Namun, jika ingin lebih tahu mengenai cara melawan virus corona atau ingin bertanya tentang berbagai penyakit lain. Sobat dapat langsung berkonsultasi dengan para tenaga medis profesional melalui aplikasi Halodoc. Download aplikasi Halodoc sekarang juga, yang dapat didapatkan secara gratis di Play Store ataupun App Store.

daryl farahi
Load comments